Selasa, 17 November 2015

Eksistensi Jogja Expo Center sebagai salah satu venue MICE di Yogyakarta

MICE dan bisnis pariwisata merupakan bisnis dengan high-quality dan high-yield, yang memberikan kontribusi tinggi secara ekonomi terlebih bagi negara berkembang karena dalam pelaksanaannya banyak sekali menggunakan fasilitas pariwisata. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkarakteristik padat karya, memberikan kontribusi baik dari sisi penyediaan tenaga kerja maupun dalam memberikan devisa negara.   
Salah satu kota di Indonesia yang sudah memanfaatkan peluang wisata MICE adalah Jogjakarta, yang terkait dengan kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition.. Seperti diketahui Jogjakarta memiliki Jogja Expo Center (JEC) yang cukup terkenal dengan fasilitas yang memadahi dalam penyelenggaraan MICE. JEC tidak sekedar menyediakan fasilitas pertemuan, juga menyediakan fasilitas pameran hingga pementasan dan lain sebagainya.

Bapak Bambang Untoro selaku Manager Oprasional JEC mengatakan, Situasi Jogja Expo Center Saat ini mengalami peningkatan. Hal ini juga terbukti dengan jumlah event dan pengunjung tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Terutama Jogjakarta juga merupakan tujuan destinasi MICE seperti yang telah dicanangkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, selain Bali dan Jakarta yang cenderung menjadi sorotan.

Oleh karena itu, dilakukan suatu pemerataan termasuk Jogjakarta, sehingga beberapa event yang dulunya di selenggarakan di Bali dapat di selenggarakan di Jogjakarta, mengingat bahwa Jogjakarta juga merupakan daerah tujuan wisata, sehingga dapat menjadi daya tarik suatu asosiasi untuk menyelenggarakan event MICE di Jogja Expo Center.
Jogja Expo Center (JEC) juga telah memenuhi pertimbangan pelaksanaan MICE dengan mengkordinasikan berbagai vendor atau penyedia jasa lainnya seperti hotel, convention center, restoran dan cafe, travel agent, perusahaan transportasi, penyedia peralatan audio visual, percetakan dan retail lainnya.
Sebagai salah satu venue penyelenggaraan event Meeting, Incentive, Conference, Exhibition di Yogyakarta, Jogja Expo Center didukung oleh kapasitas venue diatas 1000 peserta konvensi, assesibilitas mudah dijangkau karena berada sekitar ringaroad selatan, dan Jogja Expo Center berada dekat dengan bandara. Disamping itu, menjadi daya tarik dan pengaruh suatu organisasi atau Event Organizer mengadakan event MICE di Jogja Expo Center adalah budaya dan pariwisata di Jogjakarta.
Bapak Bambang Untoro menambahkan bahwa disamping faktor-faktor pendukung dan keunggulan yang dimiliki oleh Jogja Expo Center, masih terdapat beberapa hambatan seperti berdirinya hotel-hotel di Jogjakarta dengan konsep convention hotel berpengaruh terhadap pengadaan event di Jogja Expo Center, terutama seminar-seminar ataupun meeting dalam skala yang kecil, hamabatan lainnya belum didukung dengan ketersedian signage jalan menuju Jogja Expo Center.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar